Menu

Monday, April 22, 2013

Mengenal Nama Allah dengan Bowling


PAI

Mengenal Nama Allah dengan Bowling

Pak Lutfhi/PAI Teacher


Asmaul Husna adalah salah satu topik Pelajaran Agama Islam yang ada di kelas 2. Asmaul Husna sendiri adalah nama-nama yang baik bagi Allah. Pak Lutfi selaku guru PAI punya cara unik untuk mengajarkan Asmaul Husna ke anak-anak. Yuk kita liat tips dan triknya.

Pak Lutfi memiliki alasan sendiri mengapa ia memanfaatkan media bowling sebagai pembelajaran Asmaul Husna. Menurut beliau, anak-anak grade 2 adalah anak yang sangat aktif dan memiliki banyak energi. Sehingga belajar dengan menggunakan media bermain seperti ini akan memudahkan pembelajaran agama itu sendiri.

Alat dan bahan     : 10 pin bowling, masing-masing diberi nomor 1- 5
        Bola bowling

Lama permainan : 15 menit
Cara bermain       :

  • Pertama – tama guru memberikan materi tentang Asmaul Husna sembari mencontohkan gerakan agar mudah dihapal oleh anak – anak. Adapun Asmaul Husna yang diajarkan sebagai berikut :

 Asmaul Husna
a.       Al  - Khaliq (Maha pencipta), gerakan membuat lingkaran yang berarti Allah yang menciptakan bumi
b.      As-Salam (Maha Menyelamatkan), gerakan mengangkat tangan kanan sejajar telinga (seperti gerakan  
      memberi salam jarak jauh)
c.       Al – Ghafar (Maha Pengampun), gerakan menangkupkan kedua tangan di depan dada
d.      As-Sami’ (Maha Mendengar), gerakan tangan memegang telinga
e.      Al – Basyir (Maha Melihat), gerakan tangan memegang mata


  • Lalu anak diminta menghafal materi serta gerakan yang diberikan, bagi yang belum hafal tidak diperbolehkan untuk bermain
  • Anak dibagi dalam 2 kelompok besar, muslim dan muslimah
  •  Anak yang berada di barisan paling depan melempar bola. Pin yang jatuh, dilihat nomornya, lalu anak harus menyebutkan Asmaul Husna sesuai dengan nomor dengan memperagakan gerakannya
  • Apabila strike, anak tidak perlu menyebutkan Asmaul Husna bisa langsung kembali ke barisan, dan menunggu giliran untuk melempar lagi. Apabila tidak ada satu pun pin yang terkena, maka ia harus menyebutkan semua Asmaul Husna-nya.





Kelebihan: Permainan seperti ini pernah dicobakan di kelas 3 dan alhamdulillah mereka dengan cepat menyerap informasi yang diberikan oleh guru. Tapi sebelum permainan setiap anak-anak harus dipastikan agar menghafal semua materi yang diberikan oleh guru. Sangat cocok untuk pelajaran yang bersifat hafalan singkat. 

No comments:

Post a Comment

Chibi Giant Man