Monday, April 28, 2014

SD Nizamia Andalusia Sumbangkan lebih dari 200 Buku ke Sekolah Guru Indonesia

Oleh: Annas Surdyanto


Sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan hingga ke seluruh pelosok Indonesia, SD Nizamia Andalusia kirimkan lebih dari 200 buku ke Sekolah Guru Indonesia (SGI) yang bertempat di Parung, Bogor pada Minggu 27 April 2014. Buku-buku yang didonasikan merupakan buku pelajaran dan buku cerita anak yang nantinya akan dikirim ke sekolah tertinggal di daerah Garut dan daerah tertinggal lain di Indonesia yang masuk ke dalam target program SGI.

Menurut Kepsek SD Nizamia Andalusia, Zahra Fajardini, donasi buku ini dilakukan karena buku merupakan syarat dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Selain itu, buku juga berfungsi sebagai media silaturahim.

“Buku sebagai media ajar sudah seharusnya tersedia untuk optimalisasi kualitas belajar mengajar. Di balik guna buku sebagai media ajar, buku juga merupakan penjalin tali silaturahim. Pada dasarnya buku dan doa dapat saling mengikat tali persaudaraan. Dan sekolah sebagai institusi pendidikan menjadi motor terhadap konsep di atas”, ujarnya saat ditanya tentang pengiriman buku tersebut.

Beliau juga menambahkan, Keragaman sekolah di Indonesia pada aspek kualitas dan akses menjadi salah satu faktor yang memotivasi sekolah untuk berbagi buku pada sekolah lain.

“Heterogenitas sekolah di Indonesia dalam artian aksesabilitas dan kualitas mendorong SD Nizamia untuk dapat berkontribusi terhadap peningkatan mutu pendidikan lewat langkah sederhana tetapi konkret, yaitu donasi buku ke Sekolah Guru Indonesia,” ungkapnya.

Pada akhir pembicaraannya, beliau berharap langkah ini dapat menginspirasi sekolah lain dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan hingga ke seluruh pelosok Indonesia.

“Semoga sekolah lain juga dapat mengikuti langkah SD Nizamia dalam donasi buku untuk teman-teman di daerah sehingga dapat membantu pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan dimana ketersediaan buku merupakan hal yang utama. Karena bagaimanapun terselenggaranya pendidikan berkualitas bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Tetapi juga tanggung jawab kita bersama sebagai bangsa Indonesia.”

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget
Chibi Giant Man